Ajarilah Aku Berdoa

0 2
KRONIK PAROKI

franzire99.blogspot.com

Kata-kata tidak menjamin bahwa sebuah doa akan dikabulkan

Yes 55:10-11; Mat 6:7-15

Doa artinya permohonan, harapan, dan puji-pujian kepada Tuhan. Bagi orang beriman, doa merupakan ungkapan iman yang nyata. Suatu keharusan dalam hidupnya.

Ada beberapa cara untuk berdoa, yakni doa vokal dan doa batin. Keduanya baik jika dilaksanakan dari hati. Dalam doa, khususnya doa vokal, tidak dibutuhkan kata-kata yang panjang dan indah. Kata-kata tidak menjamin bahwa sebuah doa akan dikabulkan. Berdoa, jangan seperti orang munafik yang hanya ingin dilihat orang dan agar dinilai baik oleh orang lain.

Berdoa bukanlah suatu kewajiban melainkan suatu kebutuhan yang harus selalu terisi penuh. Dalam diri setiap pribadi harus memiliki kerinduan untuk selalu datang ke hadapan-Nya untuk bersyukur serta memohon perlindungan-Nya. Harus merasa diri rendah dan merasa ada yang kosong dalam hati jika aku, dikau, dan kita tidak berdoa.

Dalam doa yang Yesus ajarkan, kata yang menarik perhatian adalah “Ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami”. Kata-kata yang sederhana namun sangat berfaedah.

Dalam kenyataan hidup dewasa ini, memaafkan sesama yang bersalah itu sangat sulit. Ini yang menjadi tantangan terhebat dalam hidup kita. Sebagai manusia yang lemah, kita sering jatuh dalam hal tersebut. Kita malah sulit mengampuni kesalahan orang.

Memaafkan orang yang pernah menyakiti hati kita memang sungguh berat. Namun, kita juga harus membuka diri, menyadari akan kemanusiawian kita bahwa tiada manusia yang sempurna. Kita harus besar hati memaafkan satu sama lain sembari kita mengingat bahwa Tuhanlah yang pertama mengampuni kita.

Aku memang tidak pandai berkata-kata atau membuat rumusan kalimat yang indah. Namun, dengan doa yang lahir dari hati yang tulus, Tuhan akan mendengarkan doaku. Tuhan, ajarilah aku berdoa dan jadikanlah aku pelayan bagi sesama. Dalam doaku, aku selalu berharap bahwa aku akan menjadi seperti garam dan terang dunia.  Membawa kasih dan cinta-Mu kepada semua orang.

KRONIK PAROKI

Patris Mandut, novis CMF

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More