Bekerja Sungguh untuk KLMTD

0 19

Senin, 11 April 2022

Yes 42:1-7; Yoh 12:1-11

Injil pada hari ini memuat salah satu statement yang unik tentang Yudas Iskariot yang berbunyi, “Hal ini dikatakannya bukan karena ia memperhatikan nasib orang-orang miskin, melainkan karena ia adalah seorang pencuri” (Yoh 12:6).

Kesaksian dari Injil Yohanes ini didahului dengan kata-kata Yudas sendiri: “Mengapa minyak narwastu ini tidak dijual tiga ratus dinar dan uangnya diberikan kepada orang-orang miskin?” (Yoh 12:5).

Dari sini, dapat terlihat bahwa seorang Yudas Iskariot tampak berpihak pada orang miskin, tetapi ternyata tidak. Dibalik itu, uang adalah tujuan dia menanyakan soal penggunaan minyak narwastu itu.

Dalam kehidupan sosial, ada begitu banyak orang yang kelihatan berpihak tetapi menyimpan agenda-agenda politik kotor. Mereka mula-mula menjadikan orang kecil, lemah, miskin, tersingkir, disabilitas (KLMTD) sebagai angka dalam data survei untuk kemudian dijadikan semata-mata jalan untuk memperoleh kekuasaan. Setelah mendapat kekuasaan, orang-orang KLMTD diterlantarkan dengan ditemani janji-janji manis.

Kita berharap, semoga orang-orang Kristen dan non Kristen yang bekerja untuk orang-orang KLMTD tidak memiliki agenda-agenda kotor yang memimpikan uang dan kekuasaan. Semoga mereka bekerja sungguh demi pemulihan martabat orang-orang KLMTD, pembangunan manusia, dan terciptanya bonum commune. (mario f. cole putra, cmf)

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More