Belas Kasih Allah

59

Renungan Hari Sabtu, 05 Desember 2020 Pekan I Adven
Bacaan I: Yes. 30:19-21, 23-26.
Bacaan Injil Mat 9: 35-10:1, 6-8

           Penginjil Matius hari ini dalam narasinya mengisahkan tentang Yesus berkeliling mewartakan Injil dan melenyapkan segala kelemahan manusia. Yesus merasa tergerak hati oleh belas kasihan kepada orang banyak yang lelah dan terlantar. Kepada mereka yang sangat membutuhkan kebebasan, kesembuhan, dan kehidupan, diberitakan bahwa Kerajaan Sorga sudah dekat.

            Kerajaan Sorga yang dijanjikan adalah suatu jaminan keselamatan bagi orang beriman yang senantiasa berharap dan percaya kepada Sang Ilahi. Kerajaan Sorga juga bisa diidentik dengan suatu kebebasan total atas diri manusia yang adalah anak-anak Allah yang bebas. Penyerahan total manusia kepada Sang Ilahi akan memperoleh kebebasan dari kecemasan, kesembuhan dan keselamatan. Hadirnya Kerajaan Sorga  sungguh membawa kebahagian kepada orang yang lelah dan terlantar, dimana orang sakit akan disembuhkan, orang mati akan dibangkitan, orang kusta akan ditahirkan.

            Dalam masa Advén ini adalah masa yang diidentik dengan “Masa Penantian” masa dimana umat beriman bersiap-siaga dan berjaga-jaga menantikan Sang Ilahi yang akan datang. Menantikan Sang Ilahi yang akan datang untuk membebaskan kita dari kecemasan, ketakutan dan kegalau dalam hidup itu, perlu ada sikap optimisme dalam hidup, sikap iman yang aktif dan dinamis dalam menantikan Dia yang akan datang. Barangkali dalam penantian kita cemas dan takut karena wabah yang masih menelan banyak nyawa dan menghentikan roda kehidupan manusia. Lalu kita bertanya kapan kita dibebaskan dengan penyakit covid-19 dan kapan berakhirnya wabah yang sungguh mengganggu normalitas hidup kita. Maka dalam situasi seperti ini, hari ini kita disuguhkan oleh penginjil Lukas dalam narasinya bahwa tak perlu cemas dan takut dalam hidup, karena Allah senantiasa hadir di tengah-tengah kita dan percaya serta berharap kepada Dia yang kita nantikan. Dia akan datang membebaskan kita dari ketakutan dan kecemasan hidup. Percayalah! “Kerajaan Allah sudah dekat”.

Fr. Floren, CMF

(Misionaris Amerika Latin)

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More