Berjalan Bersama Roh Kudus

0 1

Renungan Hari  Sabtu 17 Oktober 2020, Pekan Biasa XXVIII,

Peringatan Wajib St. Ignatius Dari Antiokia

Bacaan I: Ef 1:15-23

Bacaan Injil: Luk 12:8-12

wikipedia

Roh Kudus adalah pribadi ketiga dalam ikatan suci Tritunggal Mahakudus. Roh Kudus selalu hadir dalam hidup manusia namun tidak disadari. Roh Kudus berkarya di tengah manusia dalam bentuk udara dan angin yang kita hirup. Setiap orang tentu merasakan hal ini. Tidak ada seorangpun yang hidup tanpa roh. Semua orang yang hidup tentu memiliki roh. Kehadiran Roh Kudus dalam hidup bersama tidak selalu dipahami dan disadari. Oleh sebab itu Roh Kudus adalah rahmat Allah yang diturunkan kepada manusia dan harus disyukuri.

Bacaan Injil hari ini, mengajarkan kita untuk selalu dan senantiasa bersyukur kepada Roh Kudus. Yesus bersabda bahwa yang melawan Roh Kudus tidak akan diampuni. “Tetapi barangsiapa menghujat Roh Kudus Ia tidak akan diampuni” (Luk 12:10b). Yesus juga mengajarkan bahwa semua yang melawan Anak Manusia akan diampuni kecuali menghujat Roh Kudus. Yesus adalah Allah menjelma menjadi manusia. namun kehadiranNya sangat dibenci oleh ahli Taurat dan orang Farisi. Mereka tidak menyadari bahwa Yesus adalah Tuhan. Kemanusiaan Yesus membuat banyak orang membenci-Nya. Namun tentang Roh Kudus, tidak boleh sesuatupun yang bisa menghujat-Nya sebab Ia sangat berfaedah bagi hidup manusia.

Kita kerap kali menila manusia berdasarkan tampilan fisik tanpa menelusuri siapa yang kita hadapi. Tentang hal ini, kita harus jeli dan teliti dalam mengambil tindakan. Meskipun ada perbedaan di antara kita namun kita hidup dalam kasih karunia Tuhan, maka Allah akan selalu mencurahkan Roh Kudus-Nya kepadak kita. sebab Roh Kuduslah yang menaungi seluruh pergerakan hidup kita. menolak Roh Kudus berarti menolak kehidupan sebab hidup manusia digerakan dan dikendalikan oleh Roh Kudus. Oleh sebab itu bertidak melawan Roh Kudus dosa kita tidak diampuni.

Jondry Siki, CMF

(TOPER Novisiat Benlutu)

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More