Copiosa Apud Eum Redemptio

0 1

Kis.22:30;23:6-11
Yoh.17:20-26

Dalam doa-Nya, Tuhan Yesus mengharapkan kerukunan dan kesatuan bagi murid-murid-Nya dan semua orang yang percaya kepada-Nya. Yesus mengharapkan kesatuan umat yang didasarkan pada:

1. IMAN, bahwa Yesus dan Bapa adalah satu, bahwa Yesus di dalam Bapa dan Bapa di dalam Yesus, dan Yesus datang ke dunia dari Bapa, dan Bapa bekerja di dalam Yesus untuk menyelamatkan dunia.

2. KASIH, sebagaimana Bapa mengasihi Yesus dan Yesus mengasihi Bapa, demikianlah Allah mengasihi umat manusia. Dan hendaklah manusia memelihara kesatuan kasih dengan sesama dan dengan Allah.

Kita mengakui bahwa dalam kehidupan manusia zaman sekarang, ada macam-macam bentuk kesatuan antar manusia dengan bermacam-macam dasar dan alasannya. Ada kesatuan kekerabatan dengan dasar kekeluargaan atau hubungan darah, ada kesatuan komunitas dengan dasar semangat yang sama, ada kesatuan kelompok arisan dengan dasar kepentingan ekonomi, ada kesatuan wilayah dengan dasar suku atau kedaerahan, ada kesatuan bangsa dan negara dengan dasar ideologi dan politik kebangsaan, dan lain sebagainya. Kesatuan antar manusia biasanya akan mendatangkan sukacita. Tetapi sukacita itu baru menjadi sempurna apabila dasar kesatuan antar manusia itu disempurnakan dengan IMAN dan KASIH.

Hendaklah kita mewujudkan doa dan harapan Yesus dengan membina dan memelihara kesatuan antar kita di dalam keluarga, komunitas, kelompok, suku, bangsa dan negara kita, dan antar seluruh umat manusia. Hendaklah kita menyempurnakan kesatuan kita dengan dasar IMAN dan KASIH, maka sukacita sempurna akan menjadi milik kita di dunia sekarang dan kelak di dunia keabadian surgawi.

Saudara-saudari yang terkasih, selamat pagi dan selamat beraktivitas. Tuhan memberkati kita semua.
Salam Sehat: cuci tangan, pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan.
Saya mendoakan dan memberkati kalian semua hari ini.

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More