Di Balik Layar Misa Live Streaming Paroki Benlutu Selama Pekan Suci

7

Paskah 2020 benar-benar berbeda. Tahun ini, umat beriman diminta untuk merayakan Paskah dari rumah. Pekan Suci dilalui tanpa kehadiran umat di gereja, namun dengan tetap tinggal di rumah.

Pemerintah Indonesia meminta agar peribadatan-peribadatan di tutup untuk sementara. Gereja tentu mengamini permintaan itu dengan mengeluarkan berbagai kebijakan untuk tidak merayakan Pekan Suci bersama umat di gereja.

Paroki St. Vinsensius a Paulo juga turut mengikuti himbauan dari pemerintah dan keuskupan untuk meniadakan Misa selama Pekan Suci bersama umat. Paroki turut mengkampanyekan #dirumahaja.

Namun, sebagai alternatif agar umat beriman tetap merayakan Misa, dibuatlah Misa live streaming.

Di balik jalannya Misa, ada orang-orang yang turut bekerja agar umat beriman dapat mengikuti Misa dari rumah. Tim Misa live streaming dikomandoi oleh pak Wens Putra Wua. Anggota-anggota tim tersebut adalah sdri. Marni Lanang, sdr. Yeri Ale, sdr. Ipu Mbawo dan Fr. Harry, CMF.

Tim live streaming selalu memberi yang terbaik dalam setiap Misa. Pak Wens, ahli IT paroki, selalu berusaha memberi yang terbaik dalam setiap Misa agar umat beriman dapat mengikuti Misa secara online dengan baik.

Namun, yang menjadi tantangannya adalah jaringan internet. Hal ini diakui sendiri oleh pak Wens pada Sabtu (4/4) lalu ketika mempersiapkan Misa live streaming untuk Minggu Palma. Saat itu listrik tiba-tiba padam dan menghentikan sejenak aktivitas persiapan tersebut. Tim pun tidak bisa berbuat banyak selain menunggu sampai listrik benar-benar kembali normal.

Adapun juga beberapa orang yang turut menyukseskan Misa live streaming ini dari sisi liturgis sekaligus dekorasi. Mereka yang dari sisi liturgis adalah Dkn. Gusti Weruin, CMF, sdri. Melda Bria, sdri. Ingrid Boko, sdr. Rudy Meo. Mereka yang dari sisi dekorasi adalah sdri. Marni Lanang, sdri. Marlin Fallo, sdr. Sipri Tuke, dan sdr. Ando Abi.

Kedua tim ini juga turut bekerja keras agar umat beriman dapat mengikuti Misa online seperti sedang mengikuti Pekan Suci di gereja seperti biasa. Hiasan-hiasan dan lagu-lagu dipersiapkan sebaik mungkin agar dapat mewakili setiap perayaan yang ada selama Pekan Suci.

Adapun juga tim konsumsi yang dipersiapan panitia wilayah II. Tim tersebut dikoordinir oleh ketua panitia, bapak Melkis Oki dan dilaksanakan oleh ibu Imakulata Thius.

Terima kasih kepada tim yang telah bekerja keras dan meluangkan waktu agar Misa live streaming dapat berjalan dengan baik dan umat beriman dapat mengikuti Misa seperti hadir sendiri dalam Misa di gereja seperti Paskah-Paskah di waktu lalu. [mfcp]


Mario F. Cole Putra, CMF
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More