Doa-Doa Harian

0 155

a) Credo = Aku Percaya

Aku percaya akan Allah, Bapa Yang Mahakuasa, Pencipta langit dan bumi; Dan akan Yesus Kristus, Putra-Nya yang tunggal, Tuhan kita, Yang dikandung dari Roh Kudus, Dilahirkan oleh Perawan Maria;Yang menderita sengsara Dalam pemerintahan Pontius Pilatus, Disalibkan, wafat, dan dimakamkan,Yang turun ke tempat penantian Pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati;
Yang naik ke Surga, Duduk di sebelah kanan Allah Bapa Yang Mahakuasa; Dari situ Ia akan datang Mengadili orang hidup dan mati
Aku percaya akan Roh Kudus, Gereja Katolik yang kudus, Persekutuan para Kudus, Pengampunan dosa, Kebangkitan badan, Kehidupan kekal. Amin

b) Bapa Kami

Bapa kami yang ada di Surga,
Dimuliakan nama-Mu.
Datanglah Kerajaan-Mu.
Jadilah kehendak-Mu
Di atas bumi seperti di dalam Surga.
Berilah kami rejeki pada hari ini,
Dan ampunilah kesalahan kami,
Seperti kami pun mengampuni
Yang bersalah kepada kami.
Dan janganlah masukkan kami
Ke dalam percobaan,
Tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat. Amin

c) Salam Maria

Salam Maria, penuh rahmat, Tuhan sertamu
Terpujilah engkau diantara wanita,
Dan terpujilah buah tubuhmu, Yesus.

Santa Maria, bunda Allah,
Doakan kami yang berdosa ini
Sekarang dan waktu kami mati.
Amin.

d) Kemuliaan

Kemuliaan kepada Bapa dan Putera dan Rok Kudus. Seperti pada permulaan, sekarang, selalu dan sepanjang segala abad.

e) Doa Pagi

Ya Tuhanku dan Allahku, aku berlutut, di hadapan-Mu dan bersembah sujud kepada-Mu, Raja tertinggi. Aku mengucap syukur kepada-Mu atas segala kemurahan-Mu, terlebih atas pemeliharaan-Mu pada malam tadi. Aku menyerahkan kepada-Mu jiwa dan badanku serta segala milikku. Aku mempersembahkan kepada-Mu semua saja yang akan kulakukan hari ini demi kemuliaan nama-Mu, keselamatan manusia dan kejayaan Gereja-Mu. Bapa yang penuh kasih sayang kepadaku, aku berniat sungguh-sungguh untuk hidup sebagai seorang Kristen yang sejati pada hari ini dan tidak mau menghinakan Dikau. Aku mau memenuhi kewajibanku dengan sebaik-baiknya. Allah yang maharahim, berikanlah aku rahmat-Mu agar aku setia pada niatku ini. Amin.

f) Doa Malam

Ya Tuhanku dan Allahku, Aku berlutut di hadapan-Mu dan bersembah sujud kepada-Mu, Raja Tertinggi. Aku mengucap syukur kepada-Mu atas segala kemurahan-Mu, terlebih ata pemeliharaan-Mu pada hari yang lalu. Datanglah hai Roh Kudus, terangilah akal budiku, supaya aku mengetahui dosa-dosaku dan berilah aku rahmat-Mu supaya aku dapat menyesal sungguh atas dosa-dosaku itu. Amin.

g) Malaekat Allah

Malaekat Allah, engkau yang diserahi oleh kemurahan Tuhan untuk melindungi aku. Terangilah, lindungilah, bimbinglah dan hantarlah aku. Amin.

h) Doa Iman

Tuhanku Allah, aku percaya, bahwa Engkau satu Allah tiga diri; Bapa, Putera, dan Roh Kudus; Bahwa Allah Putera menjadi manusia untuk kami dan wafat di salib; Bahwa Engkau membalas yang baik dan menghukum yang jahat; Aku percaya akan semuanya yang telah Kau wahyukan dan Kau ajarkan dengan perantaraan Gereja Kudus. Aku percaya dengan teguh akan semuanya itu, sebab Engkaulah yang mahabenar dan mahatahu. Tuhan, tambahkanlah selalu imanku. Amin.

i) Doa Harap

Tuhan sumber segala harapan, Engkau telah menjanjikan kebabagiaan kekal bagi semua orang. Melalui Putera-Mu Yesus Kristus, Engkau telah merelakan aku menerima dari pada-Mu rahmat dan harapan yang sejati. Engkau mahamurah dan setia pada janji-Mu, sudi kuatkanlah hati dan harapanku. Amin.

j) Doa Cinta

Tuhan asal segala cinta, aku mencintai Engkau lebih dari segala sesuatu dan dengan segenap hatiku sebab Engkaulah yang mahabaik dan pantas dicintai. Karena cinta akan Dikau maka aku pun mencintai sesamaku sebagaimana aku mencintai diriku sendiri. Tuhana tambahkanlah selalu cintaku. Amin.

k) Doa Tobat

Tuhan yang maha rahim, aku menyesal atas segala dosaku sebab patut aku Engkau hukum terutama sebab aku telah menghina Engkau yang mahamurah dan mahabaik bagiku. Aku benci akan segala dosaku dan berjanji dengan pertolongan rahmat-Mu hendak memperbaiki hidupku dan tidak akan berbuat dosa lagi. Ya Tuhan, kasihanilah aku orang berdosa ini. Amin.

l) Angelus (masa Biasa)

P. Maria menerima kabar gembira dari Malaikat Tuhan.
U. Maka Ia mengandung dari Roh Kudus.
P. Salam Maria……………………..
U. Santa Maria……………………..
P. Aku ini hamba Tuhan.
U. Terjadilah padaku menurut perkataanmu.
P. Salam Maria…………………….
U. Santa Maria…………………….
P. Sabda sudah menjadi daging.
U. Dan tinggal di antara kita.
P. Salam Maria…………………
U. Santa Maria…………………
P. Doakanlah kami ya Santa Bunda Allah.
U. Supaya kami dapat menikmati janji Kristus.
P. Marilah kita berdoa.
P + U. Ya Tuhan, karena kabar malaikat kami mengetahui bahwa Yesus Kristus PutraMu menjadi manusia. Kami mohon curahkanlah rahmatMu ke dalam hati kami supaya berkat sengsara dan salibNya, kami dibawa kepada kebangkitan yang mulia. Oleh karena Kristus Tuhan kami. Amin

m) Ratu Surga (masa Paskah)

P. Ratu surga bersuka citalah Alleluya.
U. Sebab Dia yang boleh kau kandungkan Alleluya.
P. Telah bangkit seperti disabdakanNya Alleluya.
U. Doakanlah kami pada Allah Alleluya.
P. Bersukacitalah dan bergembiralah Perawan Maria Alleluya.
U. Sebab Tuhan sungguh telah bangkit Alleluya.
P. Marilah kita berdoa.

P+U. Ya Allah, Engaku telah berkenan menggembirakan dunia dengan kebangkitan Tuhan kami Yesus Kristus. Kami mohon, berilah supaya dengan pengantaraan BundaNya, Perawan Maria, kami bersukacita dalam kehidupan yang kekal. Karena Kristus Tuhan kami. Amin.

n) Datanglah Ya Roh Kudus

Datanglah, ya Roh Kudus, penuhilah hati umatmu dan nyalakanlah di dalamnya api cinta-Mu Utuslah Roh-Mu maka semuanya akan dijadikan lagi, Dan Engkau akan membaharui muka bumi.
Marilah berdoa:
Ya Allah, Engkau telah mengajar hati umat-Mu dengan penerangan Roh Kudus. Berilah
supaya berkat Roh Kudus itu kami senantiasa berpikir benar dan bijaksana, serta selalu merasa gembira karena penghibur-Nya. Demi Kristus, Tuhan kami. AMIN

o) Lima Perintah Gereja

  1. Rayakan hari raya yang disamakan dengan hari Minggu
  2. Ikutlah perayaan Ekaristi pada hari Minggu dan hari raya yang diwajibkan, dan janganlah melakukan pekerjaan yang dilarang pada hari itu.
  3. Berpuasalah dan berpantanglah pada hari yang ditentukan.
  4. Mengaku dosalah sekurang-kurangnya sekali setahun.
  5. Sambutlah Tubuh Tuhan pada Masa Paskah.

Lima perintah Gereja bertujuan menjamin bagi umat beriman minimum semangat doa, hidup sakramental, usaha moral serta pertumbuhan dalam kasih kepada Allah dan sesama.

p) Sepuluh Perintah Allah (Kel. 20:1-17)

Akulah Tuhan, Allahmu,

  1. Jangan menyembah berhala, berbaktilah kepada-Ku saja, dan cintailah Aku lebih dari segala sesuatu.
  2. Jangan menyebut Nama Tuhan Allahmu dengan tidak hormat.
  3. Kuduskanlah hari Tuhan.
  4. Hormatilah ibu bapamu.
  5. Jangan membunuh.
  6. Jangan berzina.
  7. Jangan mencuri.
  8. Jangan bersaksi dusta tentang sesamamu.
  9. Jangan mengingini istri sesamamu.
  10. Jangan mengingini milik sesamamu secara tidak adil.
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More