Ekspresi Talenta Dalam Tuhan

14

Renungan Hari Minggu, 15 November 2020, Pekan Biasa XXXIII,
Bacaan I: Ams 31:10-13,19-20,30-31
Bacaan II 1Tes. 5:1-6
Bacaan Injil: Mat 25:14-30

Setiap orang dikarunia talenta masing-masing. Talenta-talenta tersebut sejatinya dipersembahkan kepada Tuhan. Banyak orang salah mengekspresikan talenta mereka sehingga berakibat fatal dan merugikan orang lain dan dirinya sendiri. Talenta dan bakat yang kita miliki harus dipersembahkan kepada Tuhan. Sebab Tuhanlah yang mengaruniakan semua bakat dan kemampuan tersebut. Oleh sebab itu, kita harus selalu bersyukur akan hal itu.

Bacaan Injil pada hari minggu ini, Yesus mengumpamakan Kerajaan Allah dengan talenta. Ada yang dikaruniai dua talenta, empat talenta dan lain sebagainya. Memang dalam ulasan lain, dijelaskan bahwa orang yang menyembunyikan talentanya dalam tanah adalah kelompok yang masih setia dan loyal dengan pilihan awal. Mereka yang menolak untuk menjalankan talenta itu karena mereka masih ingin mengabdi kepada Tuhan yang benar.

Keteguhan hati dan ketegaran dalam menghadapi masalah adalah hal yang tidak dapat dilakukan oleh semua orang. Orang-orang Kristen adalah kelompok yang tidak ingin tunduk pada kemauan raja. Dengan setia ia ingin mengabdi kepada satu Allah yakni Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Talenta yang ditawarkan oleh raja adalah penyembahan berhala. Dan orang Kristen dipanggil untuk tetap setia kepada satu Allah.

Fr. Jondri Siki, CMF
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More