Emanuel: Uisneno Nok (an) Kit

0 4

Renungan Hari Jumat, 18  Desember 2020, Pekan Adven III,

Bacaan I: Yer.23:5-8.

Bacaan Injil: Mat 1:18-24

 

Ketika menyusuri jalur penghijauan di sana ada perempatan, arah ke Undana, Seminari Tinggi, Liliba dan Bandara Eltari. Di tengah bundaran ada tulisan ‘Uisneno Nokan Kit’. Banyak orang kini lazim menyebutnya Bundaran Uisneno Nokan Kit. Kalimat ini adalah bahasa Dawan yang merupakan terjemahan kata Emanuel. Ada pesan indah yang hendak disampaikan kepada kita bahwa, ke mana saja arah kita entah ke utara, selatan, timur ataupun barat, Tuhan selalu menyertai kita. oleh sebab itu hendaknya Tuhan senantiasa ada dalam batin kita.

Penginjil Matius hari ini, menampilkan kisah perjumpaan kisah perjumpaan Malaikat Tuhan dengan Bunda Maria yang akan mengandung dan melahirkan anak dan hendaknya dinamai Yesus agar genaplah ramalah nabi tentang seorang perawan yang akan melahirkan seorang putera dan ia menamai-Nya Emanuel yang berarti Tuhan beserta kita. Yesus adalah Putera Allah yang dikabarkan agar tinggal bersama manusia dan Dia adalah Tuhan yang menyertai umat manusia.

Melibatkan Tuhan dalam seluruh pergumulan hidup adalah satu panggilan yang sangat istimewa. Tuhan ada di mana-mana. Ke mana pun kita pergi Tuhan akan selalu menyertai kita.  Ia selalu mengutus malaikat-Nya untuk menjaga dan melindungi kita ke mana pun kita pergi. Sang Emanuel adalah janji yang terpenuhi dalam diri Yesus Kristus. Oleh sebab itu, hidup kita harus menjadi alat-alat agar digunakan Tuhan demi keselamatan sesama sebab Tuhan selalu menyertai kita. Uisneno Nok(an) Kit.

Jondry Siki, CMF
(Menjalankan TOP di Novisiat Claretian dan Paroki St. Vinsensius A Paulo Benlutu)
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More