Hidup dalam Yesus

0 15

Minggu, 1 Mei 2022

HM Paskah III

Kis 5:27b-32, 40b-41; Why 5:11-14; Yoh 21:1-19

Injil pada hari ini berkisah tentang penampakan Yesus di pinggiran pantai danau Tiberias. Di sana, Yesus menampakan diri kepada para murid yang sedang ‘apes’ karena semalam-malaman melaut, mereka tidak memperoleh apa-apa. Sebagai nelayan, semangat para murid tentunya melemah karena sumber penghasilan yang diharapkan tidak menghasilkan.

Hingga ketika Yesus datang kepada mereka dan meminta untuk melaut lagi di saat mata hari sedang dalam perjalanan untuk meninggi, para murid bisa menangkap ikan-ikan besar. Jumlahnya sungguh banyak. Sebanyak 153 ekor ikan berhasil masuk dalam jaring, sehingga butuh bantuan perahu lainnya untuk bisa membawa hasil tangkapan ke bibir pantai.

Permainan keterangan waktu dalam Injil sangat menarik. Jika semalam suntuk para murid melaut dan tidak berhasil menangkap ikan, di siang hari para murid bisa menangkap ikan-ikan besar dengan jumlah besar. Logika para nelayan pasti akan sukar menerima kisah ini, sebab ikan-ikan ditangkap pada malam hari.

Akan tetapi, bukan hal logis itu yang mau diterangkan oleh Injil hari ini. Perbedaan ada para figur Yesus. Di malam hari, para murid melaut tanpa Yesus. Sedangkan di siang hari, atas perintah langsung dari Yesus, para murid melaut dan menghasilkan banyak ikan.

Kehadiran Yesus dalam kehidupan kita itu sangat penting. Jika kita tidak hidup dalam Yesus, kita akan mengalami banyak kesulitan. Hal-hal buruk akan datang silih berganti, dan hal itu akan menggagalkan kita. Sedangkan jika kita hidup dalam Yesus, kita berlimpah rahmat-Nya. Kebaikan Tuhan akan senantiasa menaungi seluruh diri kita. (mario f. cole putra, cmf)

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More