Hukum Wajib Menolong

0 2

Sabtu, 26 Februari 2022

Yak 5:13-20; Mrk 10:13-16

 

Manusia adalah makhluk sosial. Manusia membutuhkan manusia lain dalam kehidupannya setiap hari. Keberadaan manusia lain sangat membantu kelangsungan hidupnya. Untuk itu, manusia perlu bersyukur bahwa ada manusia lain yang ada di sampingnya.

Surat Yakobus pada hari ini berisi suatu nasihat yang sangat indah. Yakobus meminta kepada para jemaat kristiani untuk hidup saling membantu satu sama lain. Jika ada yang sakit, selagi memiliki sesuatu (materi ataupun tenaga), perlulah dia ditolong. Jika seorang meminta doa, orang itu mesti didoakan.

Kita sebagai orang Indonesia sangat terkenal dengan gotong royong. Maka, hidup saling membantu bukan lagi sesuatu yang baru, tetapi sudah menjadi darah daging kehidupan orang Indonesia. Maka, sejauh kita mampu, hukumnya mesti berbunyi “wajib” bila ada yang membutuhkan pertolongan, entah pertolongan itu diminta maupun berangkat dari kepekaan hati dari yang menolong. (mario f. cole putra, cmf)

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More