Iman Kepala Perwira Romawi

13

Senin, 13 September 2021

Peringatan Wajib St. Yohanes Krisostomus

1 Tim 2:1-8; Luk 7:1-10

 

Yesus melakukan mukjizat untuk seorang hamba dari seorang perwira, kepala tentara tentara pendudukan Romawi. Menurut laporan yang diberikan oleh orang Yahudi kepada Yesus, kepala perwira itu adalah orang yang baik, dia bersimpati dengan orang-orang Yahudi dengan bukti telah membangun sinagoga untuk mereka.

Cerita Injil hari ini cukup mengejutkan karena terdapat iman dari dari seorang pria yang dengan rendah hati mempercayai Yesus untuk kemudian meminta bantuan. Sikap perwira ini adalah salah satu penghormatan yang rendah hati: dia tidak berani pergi sendiri untuk melihat Yesus, dia juga tidak mengundang Dia untuk datang ke rumahnya, karena dia sudah tahu bahwa orang Yahudi tidak bisa masuk ke rumah orang kafir.

Namun ia memiliki keyakinan akan kuasa penyembuhan Yesus. Perwira ini, meskipun dia berempati dengan Yudaisme dan tidak ada memiliki hubungannya dengan Yesus, tetapi mengajarkan melalui pengakuannya bahwa dirinya memiliki iman yang sangat besar. Dia percaya Yesus.

Tuhan selalu mengejutkan kita dan berkali-kali bekerja pada orang-orang yang paling tidak mengharapkan-Nya, bahkan di luar spasi atau institusi religius, bahwa Dia itu Penyayang, Mahakasih dan Mahakuasa. Cara kerja Tuhan memang luar biasa.

(Disadur dan diramu dari buku Bíblico 2021: Para Unir Mejor La Vida y La Biblia dan dari buku Pan de la Palabra. Misal Diario Para El Pueblo de Dios)

 

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More