IMAN YANG MENYEMBUHKAN

0 0

Renungan Hari Jumat, 15 Januari 2021 Pekan Biasa I

Bancaan pertama; Ibr. 4:1-5, 11

Injil; Mrk 2; 1-12.

            Umat beriman yang dikasihi Kristus Tuhan, bacaan Injil pada hari ini menampilkan Yesus Sebagai penyembuh Ilahi. Ia memiliki kuasa untuk menyembuhkan penyakit fisik sekaligus penyakit rohani yakni dosa. “Hai anakKu dosamu sudah diampuni” (Mrk. 2:5), “bangunlah angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu” (Mrk. 2:11). Maka, dengan berkaca pada tindakan penyembuhan yang dipentaskan oleh Yesus kita boleh bertanya, apa tangapan atau apa yang saya salurkan dalam kehidupanku guna membiaskan kasih dan rahmat Allah yang terus mengalir dalam diriku? Apakah aku sudah menjandi tanda kehadiran Allah bagi sesama yang membawa kesembuhan dan keselamatan?

            Kesembuhan yang diterima si lumpuh semata-mata berkat campur tangan sesamanya dan tindakan penyembuhan dari pihak Yesus menampilkan hal senada yakni berkat iman dari rekan-rekan saudara silumpuh. Dengan demkian kehadiran sesama dalam petualangan hidup kita merupakan berkat yang membawa rahmat dan tidak berlebihan bila dikatakan membawa orang pada kesembuhan dan keselamatan. Pertanyaannya bagaimana dengan diriku? Apa aku sudah membawa sesama pada kesembuhan atau mala mencelakakan, menyesatkan, serta membinasakan?

            Sebagai orang beriman kita percaya bahwa Allah yang kita imani tidak selalu menjanjikan langgit selalu biru dan jalan panggilan hidup sebagai orang beriman yang selalu mulus tapi, Ia berjanji untuk selalu ada bersama kita dalam situasi apupun, kapanpun, dan dimanapun. Maka tidak seharus kita bimbang bahkan takut untuk mementaskan iman kita yang menghantar orang lain, sesama, keluarga pada kesembuhan dan keselamatan. Kita diajak untuk menjadi penggotong bagi sesama menuju kerinduan bersama yakni kesembuhan dari dosa-dosa kita dan akhirnya menghantar kita pada keselamtan. Semoga.  

F. Klaudius Tahu, CMF
(Filosofan Tingkat III SHM)

 

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More