Jadwal Perayaan Minggu Palma Trihari Suci Hari Raya Paskah

0 26

Salve!
Saudara-saudari, umat beriman yang terkasih.
Pada kesempatan ini, saya RD. Hillers Penga, #Pastor_Paroki_Benlutu
Menyampaikan bahwa : Perayaan Suci, mulai Minggu Palma sampai Hari Raya Paskah akan berlangsung di 3 tempat, antara lain : 1. di #Pusat_Paroki (Gereja Katolik Stu. Vinsensius) meliputi umat Pusat Paroki dan Umat Kapela Tubnua-Hane, Kapela Taetimu, Kapela Nekbaki dan Kapela Tuakole.
2. Di #Kapela_Fatumetan (Gereja Katolik Stu. Antonius Padua) untuk umat Kapela Jalur Timor Raya (Kapela Fatumetan, Kapela Panmolo, Kapela Boentuka Wilayah I, Boentuka Wilayah II, dan Kapela Tepas.
3. Di #Kapela_Koa (Gereja Katolik Sta. Maria Teladan Kita) untuk umat Kapela di jalur Mollo Barat (Kapela Koa, Kapela Fafioban, Kapela Enopapi, Kapela Ekanaek, Kapela Nik’ana, Kapela Bes’ana dan Lingkungan Bisene).

Jadwal Perayaan dan Pemimpin, yakni :
#Untuk_Perayaan_Minggu_Palma_:
1. Pusat Paroki Jam 08.00 Wita oleh P. Patris Bakeor, CMF

2. Di Kapela Fatumetan, Jam 07.30 Wita oleh RD. Hillers Penga

3. Di Kapela Koa, jam 15.00 Wita oleh RD. Hillers Penga.

#Untuk_Trihari_Suci (Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci Vigili Paskah Alleluya) sampai Hari Raya Paskah dan Senin Paskah ke – 2 :

1. Di Pusat Paroki, waktunya diatur oleh Panitia. Pemimpin Perayaan adalah Pastor Tamu yang berasistensi dari kongregasi CMF

2. Di Kapela Fatumetan, waktunya diatur oleh Panitia. Pemimpin Perayaan oleh P. Patris Bakeor, CMF

3. Di Kapela Koa, waktunya diatur oleh Panitia. Pemimpin Perayaan oleh RD. Hillers Penga.

Dan akan dibantu oleh para asistensi yakni : Br. Paul Besin Manek, CMF dan 3 Frater Claretian dari Kupang. Akan dibagi tempat perayaannya. Juga difasilitasi dan dikoordinir oleh Para Panitia Perayaan Iman Paskah di 3 Tempat serta Katekis dan para Guru Agama Kapela dan Dewan Pastoral Kapela.

#Tata_Liturgi_Umum :
#Perayaan_Minggu_Palma
Dilaksanakan dalam anjuran mulai di luar gereja. Ada pemberkatan daun Palma, perarakan umat, ada pasio pengganti bacaaan Injil di dalam Gereja sesuai tahun liturgi dan diharapkan untuk didataskan. Dilanjutkan dengan misa.

#Perayaan_Kamis_Putih dilaksanakan pada waktu setelah petang (malam). di dalam misa Ada Pembasuhan Kaki, Prosesi Sakramen MahaKudus dan Adorasi. Pada Kamis pagi sebelum Perayaan malam, dianjurkan ada doa Ibadat Lamentasi (Fakultatif)

#Jumat_Agung
Pagi dianjurkan ada ibadat doa Lamentasi, lalu jalan salib agung lalu puasa dan pantang. Dianjurkan pada Jam 15. 00 atau jam 3 menjelang petang dan seterusnya dilaksanakan Ibadat agung Mengenang Wafat Yesus. Ada Pasio dari Injil Yohanes yang dibawakan oleh Petugas dengan cara dinyanyikan sesuai peran : Resitator, Yesus, Pilatus, dsb. Ada doa umat meriah, kucup salib. Dan komuni

#Sabtu_Suci_Alleluya_Vigili_Paskah
Pagi hari dianjurkan ada ibadat doa Lamentasi. Pada petang (malam) hari upacara hingga misa di mulai dari luar gereja hingga dalam Gereja dengan 4 bagian yakni Upacara cahaya meliputi pemberkatan api baru dan lilin paskah, perarakan, Pujian paskah (Exultet). Liturgi Sabda, bacaan dari perjanjian lama hingga bacaan Epistola dari perjanjian baru yakni Surat Raul Paulus, hingga Injil. Ada liturgi Babtis dan pembaharuan Jani Babtis di mana ada pemberkatan air Babtis (Fakultatif) dan wajibnya adalah pemberkatan air suci. Ada Liturgi Ekaristi dan Upacara Penutup.

#Hari_Raya_Minggu_Paskah_Sampai_Senin_Paskah_Ke_2

Liturginya kembali mengikuti TPE dan normal. Dilaksanakan secara Agung dan Meriah

Untuk Kamis Putih diharapkan konsekrir atau pengudusan hosti atau Tubuh dan darah Kristus baru. Tabernakel kosong dan hosti yang diKonsekrir sebanyak mungkin untuk dapat diterima umat sampai Jumat agung. Dalam perayaan ini umat mengenangkan cinta Kasih Tuhan dan hadirnya Sakramen Ekaristi dan sakramen Imamat dalam Gereja.

Untuk Jumat agung tidak ada misa. Hanya ibadat agung. Dalam perayaan ini kita mengenangkan misteri Penebusan dosa oleh tuhan Yesus di salib. Sakramen Tobat terjadi dan lahirlah pula Gereja.

Dalam perayaan Sabtu Suci Vigili Paskah kita menantikan kebangkitan Tuhan Yesus dari alam maut dan hidup baru. Ada pembaharuan pembabtisan

Untuk itu saudara-saudari, umat Paroki Benlutu yang terkasih. Marilah kita mempersiapkan diri kita secara baik. Sambil bermenung dalam tema APP 2022 : MEMULIHKAN KEHIDUPAN : Bumi Sehat – Manusia Sejahtera

Kepada Panitia Perayaan di 3 tempat dimohon untuk bekerja sama dan berkoordinasi dengan Aparat keamanan dalam hal ini Polisi tentang jadwal ini dan adanya pengamanan melalui surat ke Polsek masing-masing. Juga oleh seksi Keamanan Panitia.

Demikian penyampaiannya. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih. Tuhan memberkati. Salve!

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More