JANGAN TAKUT…… IA SUDAH BANGKIT

0 8

Kel. 14:15-15:1;
Roma, 6:3-11;
Mrk. 16:1-7


Peristiwa kebangkitan Tuhan Yesus menurut Injil Markus, mengagetkan Maria Magdalena, Maria ibu Yakobus, salome dan para murid yang lain. Mereka akhirnya percaya akan apa yang pernah dikatakan Yesus bahwa Ia mati namun Ia akan bangkit.  Percaya akan Sabda Yesus membuat para murid yang semula takut dan bersembunyi akhirnya berani dan keluar untuk mewartakan kebangkitan Sang Guru mereka. Kata-kata seorang pemuda dalam kubur (malaikat) kepada tiga wanita “jangan takut….. Ia sudah bangkit” meneguhkan para murid untuk menjumpai Yesus di Galilea. Di Galilea ada sukacita perjumpaan dengan Sang Guru yang mengawali hidup baru.

Ada 4 bagian dalam liturgi Sabtu Suci, antara lain : Upacara Cahaya, Liturgi Sabda, Pembaharuan Janji Babtis dan Liturgi Ekaristi. Semua ini memberikan makna kehadiran Yesus dalam kancah dunia yakni : Kristus adalah terang sejati, Sabda Kebenaran dan Hidup, Penebus dosa dan Penyelamat serta Roti Hidup yang turun dari Surga. Mengapa kita takut? Kristus telah bangkit sebagai yang sulung dari antara orang mati, ia mengajak kita supaya meninggalkan kebiasaan buruk dan lama lalu berlangkah menuju hidup baru yang baik ialah “damai sejahtera bagi semua orang yang berdiam di dalamNya”.

Dari gelap menuju terang, dari Perjanjian Lama ke Perjanjian Baru, dari dosa menuju kepada keselamatan, dari kematian menuju kebangkitan, dari kecemasan ke pengharapan, dari ketakutan menuju keberanian, dari hidup lama ke hidup yang baru, dari kekafiran bergerak ke arah iman. Ajakan ini menghantar orang untuk senantiasa berkanjang dalam iman bahwa Kristuslah Raja Alam Semesta, “Terang telah datang ke dalam dunia” sehingga dunia harus menyukai terang, hidup sebagai anak-anak terang. Kegelapan makam diubah menjadi terang kemuliaan. Alleluya, Kristus Bangkit, Kristus Mulia, Kristus Jaya….. keselamatan telah datang bagi dunia. Amin.

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More