Kaum Anawim Yang Besar Di Hadapan Allah

0 4

Renungan Hari Selasa  08  Desember 2020, Pekan Biasa  Adven II

Bacaan I: Kej 3:9-15, 20

Bacaan II Ef 1:3-6, 11-12

Bacaan Injil: Luk 1:26-38

Hari Raya St. Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda

Sang Sabda

Hari ini Gereja sejagat merayakan kemuliaan yang dianugerahkan kepada Maria ibu Yesus. Kemuliaan yang diterimanya dari Malaikan Gabriel adalah satu sukacita iman yang besar. Nama Maria mulia sepanjang catatan sejarah iman Kristen. Maria adalah bunda yang penuh rahmat. Allah mengaruniakan segala berkat surgawi dengan melahirkan seorang Putera yang adalah raja semesta alam. Hari Raya St. Maria Dikandung Tanpa Noda adalah perayaan sukacita iman yang besar sebab, Maria adalah salah satu kelompok Anawim yang setia menantikan kedatangan Tuhan.

Injil hari ini mengisahkan perjumpaan Malaikat Tuhan dengan seorang perawan dari Nazareth. Perawan itu adalah Maria. Isi penyampaian Malaikat adalah bahwa ia akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendak dinamai-Nya Yesus, sebab Ia akan menjadi pewaris tahkta kerajaan Daud. Yesus adalah Putera Allah yang mahatinggi. Kisah kelahiran-Nya sangat istimewa dan mulia sepanjang sejarah umat manusia.

Paus Fransiskus memandang Maria sebagai Ibunda kaum beriman Kristen. Ia juga mengungkapkan bahwa mereka yang tidak menghormati Maria sebagai ibu, mereka adalah anak yatim piatu. Maria adalah model orang beriman yang setia hingga di kaki salib Tuhan. Ia bersama para Rasul, menantikan kedatangan Roh Kudus.  Sebagai orang Kristen, kita perlu belajar setia dari Maria. Ia adalah misionaris pertama yang menerima Yesus dalam rahimnya.

Jondry Siki, CMF
(Menjalankan TOP di Novisiat Claretian dan Paroki St. Vinsensius A Paulo Benlutu)
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More