Kerajaan Allah Bukan Soal Fisik-Lahiriah

0 5

Renungan Hari Kamis, 12 November 2020, Pekan Biasa XXXII,
Bacaan I: Flm 1:7-20
Bacaan Injil: Luk 17:20-25

Peringatan Wajib St. Yosafat, Uskup dan Martir

Dalam kajian Filsafat, ada ilmu yang membahas tentang hal-hal yang melampaui fisik. Ilmu itu adalah Metafisika (Melampaui Yang Fisik). Dengan mempelajari ilmu ini, kita dihantar untuk bisa memahami suatu realitas yang melampaui fisik ini. Ilmu ini juga mengajarkan bahwa ada hal-hal lain yang tidak dapat dijelaskan dengan kemampuan budi manusia yakni tentang dunia roh. Kerajaan Allah yang diwartakan oleh Yesus adalah suatu realitas yang tidak dapat diindrai oleh manusia. Kerajaan Allah adalah kerajaan Roh yang tidak kelihatan secara fisik namun ada bersama kita.
Dalam bacaan Injil hari ini, Penginjil Lukas menampilkan penjelasan Yesus tentang kedatangan Kerajaan Allah di dunia. Banyak Orang Farisi menyangka bahwa Kerajaan Allah akan tampak secara fisik sehingga bisa diketahui oleh semua indra manusia. Yesus mengajarkan bahwa Kerajaan Allah tidak tampak secara fisik, namun itu ada bersama manusia. Yesus telah datang dan Ia adalah perwujudan dan yang tidak tampak yakni Kerajaan Allah itu sendiri.
Kerap kali kita ingin membuktikan segala sesuatu dengan indra kita. Ada harapan agar bisa melihat Tuhan secara langsung. Iman kita mengajarkan supaya selalu percaya meskipun itu tidak tampak pada diri kita. Banyak orang ingin melihat semua realitas yang ada secara fisik. Kita tidak beriman hingga pada level fisik semata tetapi iman kita melampaui hal-hal fisik (Metafisi).

Fr. Jondri, CMF
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More