Ketekunan Dalam Doa Dikabulkan Allah

0 7

Renungan Hari Sabtu, 19  Desember 2020, Pekan Adven III,

Bacaan I: Hak. 13:2-7, .24-25a.

Bacaan Injil: Luk. 1:5-25.

 

Banyak orang merasa putus asa ketika doa yang mereka panjatkan tidak kunjung dikabulkan oleh Tuhan. Doa yang dipanjatkan ibarat membuat mie instan di mana segalanya serba jadi dan dapat dinikmati saat itu juga. Sikap ini yang sering dijumpai dalam umat beriman. Doa bukan kesempatan untuk mengumpulkan segala jenis permohonan dan menjadikan Tuhan sebagai pemenuh kebutuhan dalam setiap doa. Sejatinya, orang beriman tidak boleh terperangkap dalam konsep bahwa doa adalah kesempatan untuk meminta apa saja yang diinginkan. Doa yang sejati adalah membiarkan Tuhan berkata kepada kita.

Bacaan Injil Lukas hari ini mengisahkan pengabulan doa Zakarias selama bertahun-tahun. Melalui kabar Malaikat Gabriel, Tuhan mengabulkan doanya dan Elisabet yang mandul dan tua pun boleh mengandung dan melahirkan seorang putera bernama Yohanes yang mempunyai kuasa dan roh Elia. Sebagai imam Bait Allah, Zakarias tekun berdoa sambil berharap pada belas kasih Allah tanpa memaksa Tuhan untuk mengabulkan setiap permohonannya. Tuhan akan mengabulkan doa orang yang tekun berdoa bukan sekadar untuk meminta namun melalui doa ia yakin bahwa Allah tetap mencintainya.

Doa-doa yang kita panjatkan kerap kali salah kaprah sehingga tak kunjung terkabulkan. Namun perlu diingat bahwa Tuhan akan mengabulkan doa-doa kita tepat pada waktunya dan juga pada waktu yang tepat. Sebagaimana yang dialami oleh keluarga Zakarias. Dengan tekun dan sambil berharap pada Tuhan semuanya dapat terkabulkan. Sebagai orang Kristen, kita harus tekun dalam doa sebab doa yang benar akan dikabulkan oleh Tuhan tepat pada waktunya. Tuhan tidak pernah tidur. Gusti Ora Sare!

Jondry Siki, CMF
(Menjalankan TOP di Novisiat Claretian dan Paroki St. Vinsensius A Paulo Benlutu)

 

 

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More