La Vida Eterna Es La Recompensa De Dios

0 61

Sebab ketika Ia memilih kita sebagai patner atau menjadi Co Creator-Nya kita diajak untuk selalu bersandar pada-Nya

 

Salam sehat, dan salam damai sejahterah untuk kita sekalian. Bacaan-bacaan suci yang diperdengarkan kepada kita hari ini sangatlah menarik untuk kita renungkan bersama. Khususnya dalam renungan kali ini, kita diajak untuk menaruh perhatian pada bacaan injil, yang mana menunjukan dan menjelaskan kepada kita bahwa  kepengikutan kita dan upah mengikuti Kristus adalah kemartiran yang berujung pada hidup kekal. Pernyataan ini mengandung makna yang mendalam, bahwa setiap pekerjaan yang dijalankan memiliki upahnya sendiri. Hal inilah yang menjadi dasar dari kepengikutan kita. Sebab ketika Ia memilih kita sebagai patner atau menjadi Co Creator-Nya kita diajak untuk selalu bersandar pada-Nya. Bahkan Rasul Petrus dalam suratnya mengatakan hal yang sama seperti yang dinarasi oleh Markus hari ini yakni: “kami telah meninggalkan segala sesuatu, dan mengikuti Engkau ” ataupunn dalam pemahaman lain Petrus mengajukan pertanyaan mengenai hal apa yang akan diperoleh jikalau kami meninggalkan segala sesuatu yang kami miliki dan mengikuti Engkau?

Para Murid Kristus yang terkasih, jawaban yang muncul dan menjadi jawaban yang paling menukik adalah “upah”. Upah adalah bayaran yang diberikan sebagai penghormatan atas kerjaannya. Tetapi yang dimaksudkan dengan upah disini adalah sesuatu yang tidak dapat dibrikan oleh siapapun entah itu Bos dan sebagainya, tapi upah ini hanya layak diberikan oleh Tuhan. Demikianpun kita perlu menyadari, bahwa upah yang dijanjikan Tuhan pada kita sebagai pengikut yang menelusuri tapak-tapak-Nya, memiliki nilai yang sangat berharga melebihi harta duniawi lainya yang merupakan ciptaan manusia sendiri seperti uang. Bahkan kita diajak untuk menyadari bahwa Tuhan tidak pernah memaparkan visi misi-nya untuk menarik perhatian orang agar mengikuti-Nya. Tetapi hal yang dilakukannya adalah mewujud nyatakan kasih, kelambutan dan senyumlah. Inilah yang menjadi jalan  untuk membuat orang untuk mengikuti-Nya.

Kehidupan kekal dan kemartiran merupakan upah yang akan diberikan kepada kita apabila kita meninggalkan segala sesuatu dan mengikuti Dia dan berpegang hanya pada-Nya.  Hal ini akan terjadi apabila kita selalu hidup dalam kesetian dan takut akan Tuhan serta mengikut Yesus. Maka Ia akan menganugerahkan kepada kita hidup yang kekal. Dengan janji Yesus ini, tidak saja memberi “upah” bagi kita di dunia ini saja tetapi juga di dunia atau zaman yang akan datang.. Upah atau anugerah yang dijanjikan bagi kita para pingikutnya yang percaya, bukanlah dalam pemahaman yang sempit yakni dalam hal materi tetapi seharusnya memiliki sikap transformasi hidup. Hal inilah yang akan membantu kita melihat kehidupan kita yang morat-marit dalam kebiasan manusia lama diubah ke dalam kehidupan manusia baru. Inilah janji dan upah yang akan diberikan kepada kita apabila kita hidup teratur, taat dan setia dalam megikuti tapaknya.

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More