Mari Melindungi Anak-anak

0 1

Minggu, 2 Januari 2022

Hari Raya Penampakan Tuhan

Hari Anak Misioner Sedunia

Yes 60:1-6; Ef 3:2-3a, 5-6; Mat 2:1-112

 

Injil pada hari ini berkisah tentang tiga orang Majus yang mengunjungi Bayi Penyelamat yang baru saja lahir. Mereka datang jauh-jauh dari timur karena percaya bahwa akan ada bintang yang menuntun mereka kepada Bayi yang akan menjadi Penyelamat dunia.

Kedatangan mereka terdengar oleh Herodes. Dia berusaha menggali informasi dari tiga orang Majus itu dengan motif untuk membunuh Bayi itu, sebab diinformasikan akan menjadi raja. Herodes yang gila dengan kekuasaan tentu saja tidak suka dengan berita tersebut. Dia pung berusaha agar Bayi itu segera dibunuh.

Akan tetapi, Herodes tidak mendapat informasi yang jelas tentang keberadaan Bayi itu. Tampaknya Herodes murka karena tiga orang Majus tidak kembali ke istana Herodes. Tiga orang Majus itu mendapat mimpi agar tidak pulang melalui jalan yang sama, yang berarti melalui kediaman Herodes.

Tiga orang Majus ini mengajarkan kita satu hal, yakni mesti menjaga dan melindungi mereka yang lemah. Bayi yang baru lahir itu adalah yang vulnerable (rentan, mudah di serang). Tidak memberi berita kepada Herodes adalah sebentuk cara tiga orang Majus ini melindungi bayi mungil, tetapi masih lemah.

Sayang sekali, sekarang ini, ada begitu banyak anak-anak yang tidak mendapat perlindungan. Mereka menjadi korban dari segala bentuk ketidakadilan. Ada terlalu banyak anak di muka bumi ini yang menjadi korban pelecehan seksual, persekusi (bully), kerekakan rumah tangga, pembunuhan, dan sebagainya.

Anak-anak adalah harapan dunia di masa depan. Semoga, bayi Yesus senantiasa melindungi anak-anak di muka bumi ini, dan semoga tidak ada lagi anak-anak yang menjadi korban dalam segala macam kejahatan. (mario f. cole putra, cmf)

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More