Memberi…

0 35

Senin, 1 Agustus 2022

Peringatan Wajib St. Alfonsus Maria de Liguori

Yer 28:1-17; Mat 14:13-21

Di sebuah Gereja Paroki yang terletak di pasar di pusat kota San Salvador, terdapat satu poster kecil yang ditempelkan di sebuah papan pengumuman bertuliskan, “Di rumah, mereka (orangtua) mengajariku jika saya memiliki satu potong roti dan kamu tidak memiliki apa-apa, kita memiliki roti setengah-setengah”.

Injil pada hari ini berkisah tentang Yesus yang memberi makan kepada lima ribu orang. Di dalam Injil, Yesus mengingatkan para murid untuk memberi makan kepada orang-orang yang lapar, bukan malah mengusir untuk mencari makan ke tempat lain (Mat 14:16).

Kata-kata tersebut di atas dan Injil pada hari menyiratkan satu hal, yakni saling berbagi. Dia yang memiliki membagi kepunyaannya kepada dia yang tidak memiliki. Akhirnya, dia yang tidak memiliki menjadi dia yang memiliki. Artinya, tidak ada yang merasa kekurangan, tidak ada yang lapar.

Di balik itu, soal memberi dalam Injil hari, tidak selalu berarti memberi makan kepada orang yang kelaparan. Memberi bisa juga dibaca sebagai memberi motivasi kepada mereka yang ingin menyerah dalam hidup, memberi cinta kepada mereka yang putus asa, memberi arahan kepada anak-anak di kala anak-anak mengalami disorientasi hidup, dan lain sebagainya. (mario f. cole putra, cmf)

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More