Membersihkan Puri Batin

8

Renungan Hari Jumat, 20  November 2020, Pekan Biasa XXXIII,
Bacaan I: Why.10:8-11
Bacaan Injil: Luk. 19:45-48

Setiap orang mempunyai kisahnya tersendiri. Kata orang, Orang Kudus mempunyai masa lalu dan orang berdosa mempunyai masa depan. Pepatah indah yang dapat ditarik ke dalam refleksi hidup bersama. Bahwa Allah telah menyediakan masa depan bagi semua orang, tergantung bagaimana caranya untuk menuju masa depan itu, masing-masing orang mempunya caranya sendiri.

Yesus dalam bacaan Injil hari ini mengundang semua orang untuk menata masa depan. Langkah yang diambil oleh Yesus adalah menyucikan Bait Allah. Bait Allah adalah simbol kehadiran Allah dan masing-masing kita adalah Bait Allah yang harus dijaga agar tidak ternoda oleh kesibukan duniawi. Yesus telah menyiapkan masa depan bagi semua orang dan satu langkah yang dibutuhkan Yesus adalah membersihkan puri batin kita dari kesibukan duniawi yang bisa membuat kita berada di tempat atau terperosok kembali ke masa lalu.

Kita mempunyai masa depan. Allah adalah masa depan kita. dalam Dia kita memperoleh apa yang kita tidak miliki sebelumnya sebab Allah telah menyediakan semua di dalam semua dan manusia diundang untuk senantiasa bersyukur sebab bersyukur adalah aktus manusiawi yang mengarahkan kita pada masa depan kita yakni Allah. Dalam Allah, masa depan kita cerah dan cemerlang. Oleh sebab itu kita harus selalu membersihkan puri batin kita dan bait Allah yang ada dalam diri kita.

Fr. Jondri, CMF
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More