Memilih Adalah Hak Setiap Orang

0 0

Renungan Hari Selasa 06 Oktober 2020, Pekan Biasa XXVII,

Bacaan I: Gal.1:13-24

Bacaan Injil: Luk 10:38-42

Sebagai komunitas bumi yang majemuk dan beragam, ada banyak pilihan yang bisa kita jumpai dalam kehidupan bersama. Setiap orang mempunyai hak untuk memilih apa yang ia kehendaki dan ia inginkan.  Setiap pilihan harus dilandasi atas kemauan dan kemampuan. Banyak orang tua menghendaki agar anak-anak mereka mengikuti keinginan dan pilihan mereka tanpa menyadari terlebih dahulu apa kemampuan dan kemauan anak.  Kita tidak bisa memaksakan kehendak kita kepada orang lain untuk diikuti.

Banyak jalan menuju Roma. Demikian falsafah klasik yang sering kita dengar. Hal ini mau menunjukan bahwa untuk mencapai satu tujuan ada begitu banyak cara dan jalan untuk mencapainya. Pada hari ini, Yesus dalam bacaan Injil menegaskan kepada kita tentang arti dan pentingnya sebuah pilihan. Dalam bacaan Injil di sana ditampilkan Yesus   menegur Marta karena bersungut-sungut dengan pilihan Maria yang tidak membantu  untuk menyiapkan segala sesuatu bagi perjamuan bersama namun justru ia memilih untuk mendengarkan Yesus saja. Yesus menjawabnya “Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak dapat diambil dari padanya”.

Dari kisah bacaan Injil hari ini, kita belajar banyak hal. Bahwa dalam kehidupan bersama ada banyak pilihan yang bisa kita ikuti untuk hidup kita. kita tidak bisa serentak menjadi sopir atau semua menjadi konjak. Dalam hidup bersama profesi kita adalah pilihan terbaik kita yang tidak dapat diambil dari kita. semua orang mempunyai pilihan untuk menentukan arah hidup. Oleh sebab itu campur tangan kita adalah cukup merestui dan mendoakannya agar pilihan itu tetap dan benar tanpa kita harus bersungut-sungut. Jika ingin menjadi pegawai, jadilah pegawai yang kompeten, jika menjadi guru jadilah guru yang berwibawa dengan memberikan diri pada profesi kita.

Jondry Siki, CMF

(Menjalankan Tahun Orientasi Pastoral di Novisiat Claretian dan Paroki St. Vinsentius A Paulo Benlutu)

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More