Mengikuti Jejak Kristus

38

Renungan Hari Senin 30  November 2020, Pekan  Adven I

Bacaan I: Rom 10:8-19

Bacaan Injil: Mat 4:18-22

Pesta St. Andreas

Pertama-tama yang perlu dilakukan oleh seorang murid adalah mengikuti jejak sang guru. Para murid Kristus adalah titisan sang Imam Agung, yang dipanggil untuk mengikuti jejak Kristus sang Guru. Gereja hari ini, merayakan Pesta St. Andreas Rasul, Saudara Simon Petrus. Dalam sejarah gereja kedua orang bersaudara ini mengikuti Yesus saat sedang menjala ikan di pantai. Yesus kemudian memanggil keduanya menjadi penjala manusia. Di kemudian hari, St. Petrus menjadi Uskup Roma yang pertama dan St. Andreas menjadi Uskup Konstantinopel yang pertama.

Dalam bacaan Injil hari ini, dikisahkan tentang pemanggilan para murid yang pertama. Dua sosok yang sangat dijunjung tinggi dalam dua gereja besar, Timur dan Barat adalah St. Andreas dan St. Petrus. Yesus dalam bacaan ini memanggil mereka menjadi penjala manusia dengan bersabda “”Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia” (Mat 4:19). Sabda ini menjadi kekuatan bagi para murid menjadikan segala bangsa murid Yesus.

Sebagai orang Kristen, mengikuti jejak Yesus Kristus adalah panggilan utama dan pertama. Sebab apa yang dilakukan dan disabdakan Yesus adalah jalan, kebenaran dan hidup. Setiap orang yang mengikuti jejak-Nya ia akan dihormati hingga akhir zaman. St. Andreas mendapat penghormatan yang besar dalam gereja. Oleh sebab itu, semua pengikut Kristus harus bahu membahu membangun persaudaraan dalam menghadapi isu dan persoalan sosial budaya zaman ini.

Jondry Siki, CMF
(TOP di Novisiat Claretian Benlutu)
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More