Menuju Terang

9

Renungan Hari Minggu 13  Desember 2020, Pekan Biasa  Adven III

Bacaan I: Yes 61: 1-2a, 10-11

Bacaan II 1Tes 5:16-24

Bacaan Injil: Yoh. 1:6-8, 19-28

 

Setiap orang menginginkan terang dalam hidupnya. Banyak pekerjaan dapat diselesaikan dalam situasi dan keadaan terang. Bila berjalan dalam kegelapan malam, orang membutuhkan cahaya senter dan lampu untuk menerangi jalan. Melalui tuntunan cahaya, orang mampu menyelesaikan segala pekerjaan dan perjalanannya. Singkatnya, semua orang membutuhkan cahaya untuk dapat menyelesaikan semua pekerjaannya.

Penginjil Yohanes hari ini menampilkan sosok Yohanes yang membuka jalan agar cahaya dapat memantul kepada semua orang.  Yohanes adalah saksi dari Allah yang memberi kesaksian terhadap terang yang berasal dari Allah. Terang itu bercahaya kepada bangsa-bangsa yang masih meringkuk dalam kegelapan maut. Dalam terang, itu hidup umat manusia mempunyai tujuan. Oleh sebab itu, Yohanes datang untuk memberi kesaksian tentang terang yang akan segera terbit di hati umat manusia.

Sebagai orang Kristen, kita dipanggil untuk menjadi terang kepada sesama dengan tak jemu-jemu berbuat baik agar cahaya kebaikan kita dapat terpantul kepada semua orang dan mereka pun dapat memuji Allah. Allah adalah terang sejati. Dari hati yang gelap akan terbit terang sejati dari Allah untuk menerangi kegelapan hati umat-Nya. Yesus Kristus adalah terang sejati yang membawa kedamaian bagi umat manusia. menjadi terang kepada bangsa-bangsa adalah panggilan iman Kristen yang sejati.

Jondry Siki, CMF
(Menjalankan TOP di Novisiat Claretian dan Paroki St. Vinsensius A Paulo Benlutu)
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More