Merasul Bersama Yesus

4

Renungan Hari Jumat 22 Januari 2021,  Hari Biasa Pekan II

Bacaan I Ibr 8:6-13

Bacaan Injil Mark 3:13-19

 

Setiap orang Kristen dipanggil untuk kekudusan diri dan dunia. kekudusan orang Kristen tidak terletak pada dirinya tetapi selalu ada hubungannya dengan Yesus Kristus. Berkat sakramen baptis, semua orang Kristen ikut mengambil bagian dalam karya kerasulan Yesus. Oleh karena itu setiap pekerjaan yang digeluti oleh orang Kristen adalah bentuk kerasulan dan partisipasi untuk menata dan membangun dunia sebab Allah terus mencipta dan manusia dipanggil untuk menjaga dan memelihara alam ciptaan secara berkelanjutan. Wujud konkrit umat beriman adalah menguduskan setiap pekerjaan yang digeluti setiap hari.

Penginjil Markus hari ini mengisahkan tentang pemanggilan dua belas orang yang disebut rasul. Mereka dipilih oleh Yesus untuk mewartakan Injil dan diberi kuasa untuk mengusir roh-roh jahat. Pemanggilan para murid ini menunjukan bahwa, manusia bermartabat dan berharga di mata Tuhan dan dengan demikian, para rasul yang telah dipilih menjadi perpanjangan tangan Yesus dalam menghadirkan situasi kerajaan Allah bagi sesama manusia.

Kita yang telah dibaptis dalam Tuhan Yesus dengan formula Trinitas mempunyai tugas untuk ikut merasul dalam hidup harian kita. dalam setiap profesi kita hendaknya karya kerasulan dijalankan sekaligus sebab sebagai orang-orang Kristen, kita dipanggil untuk menguduskan setiap pekerjaan profan yang kita lakoni setiap hari. Karya kerasulan bukan semata-mata tugas dan tanggung jawab otoritas gerejawi tetapi semua orang yang percaya kepada Yesus wajib untuk merasul dan menanamkan nilai-nilai Injil kepada semua orang dalam setiap aktivitas kita.

 

 



Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More