Meski Pandemi Covid 19 Mendera, 51 Anak Tetap Menyambut Tubuh dan Darah Kristus

1

Bertepatan dengan hari Minggu Biasa VI, Pastor Paroki St.Vinsensius A Paulo Benlutu, Rm. Hilers Penga, Pr menerimakan Sakramen Ekaristi kepada 45 anak di Pusat Paroki dan 6 anak di Kapela St. Zakarias Tubnua Hane, yang dilayani oleh P. Arki Sifa, CMF. Anak-anak calon komuni pertama dengan langkah yang pasti berarak menuju altar Tuhan guna menyambut Tubuh dan Darah Kristus untuk yang pertama kalinya. Alunan madah pembuka mengiring langkah mereka menuju Tuhan.

Pandemi Covid 19 yang telah berada di depan mata, memaksa para tim katekis dan guru-guru agama mempersingkat pembinaan   dan beberapa ritus dalam sakramen Komuni Pertama harus dihilangkan guna memenuhi protokol kesehatan pemerintah. Pandemi ini telah melonggarkan banyak hal termasuk kehidupan liturgi gereja. Pembinaan dalam penerimaan komuni pertama berlangsung sikat namun padat dan jelas. 51 anak yang menerima komuni pertama hari ini Minggu (31/01/21) merupakan dua kelompok yang mana kelompok pertama seharusnya mereka menerima pada tahun lalu namun karena pandemi, maka mereka bersama-sama dengan gelombang pertama tahun 2021.

Usia yang menerima komuni pertama berkisar dari SD kelas 5 hingga beberapa anak sudah cukup dewasa. Dalam homili, Pastor paroki mengimbau agar anak-anak datang gereja tidak boleh hanya duduk di aula tetapi ikut berpartisipasi aktif dalam gereja ‘ saya beberapa kali menangkap beberapa anak hanya duduk di aula atau di bawa pohon dan ketika waktu terima komuni mereka langsung datang sebenarnya itu tidak boleh’ ungkap Romo Hilers dalam homilinya.

Kemudian sebagai perwakilan dari orang tua/wali, Pak Titus Abi mengatakan bahwa sungguh alangkah indah momen hari ini di mana anak-anak kita boleh menyambut Yesus pertama kali dalam hidup mereka. ‘mengutip lagu yang baru saja dinyanyikan oleh OMK, bahwa alangkah indah dan Tuhan itu indah’ ungkap bapa Titus dalam sambutannya. ‘Meskipun pembinaannya singkat, namun padat dan jelas. Dan saya harap sakramen ini tetap bertahan dalam diri adik-adik sekalian sampai keabadian dan semoga kalian menjadi contoh untuk kakak-kakak kalian yang terdahulu’ ungkap Ibu Ima dalam sambutannya selaku perwakilan dari para pembina dan tim katekis Paroki St. Vinsensius A Paulo Benlutu.

Setelah perayaan Ekaristi Komuni Pertama, orang tua/wali dari anak-anak yang menyambut Tubuh dan darah Kristus mengundang tamu undangan untuk menikmati santap siang sederhana di Aula paroki. Pastor paroki tidak mengizinkan ibadah dan Ekaristi Syukuran Komuni Pertama oleh karena situasi pandemi yang telah berada di depan kita. selamat dan Proficiat bagi ke 51 laskar Kristus yang telah menyambut Tubuh dan Darah Kristus untuk pertama kalinya. Semoga sampai keabadian.

Jondry Siki, CMF
(Menjalankan TOP di Novisiat Claret dan Paroki St. Vinsensius A Paulo Benlutu) Alumnus Fakultas Filsafat Unwira Kupang

 

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More