Pantai Kolbano; Keindahan Alamnya Tiada Duanya di Muka Bumi

0 42

Indonesia adalah negara dengan pesona alam yang tidak dapat kita jumpai di tempat lain. Alamnya indah, lautnya luas dan hamparan sabana yang menghijau permai dengan sawah yang luas nan indah. Alam menampilkan dirinya secara polos dengan beragam keindahan yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Indonesia sebagai negara kepulauan menyimpan sejuta misteri alam yang indah yang tidak dapat dijumpai di manapun. Salah satu lokasi wisata alam yang sangat indah dan memukau adalah Pantai Kolbano. Jika telah berada di TTS namun belum singgah di Pantai Kolbano, perjalananmu serasa sia-sia sebab keindahan Kolbano tiada duanya di muka bumi.

Pantai Kolbano terletak di desa Kolbano, Kecamatan Kolbano Kabupaten TTS sekitar 135 km dari Kota Kupang. Perjalanan bisa ditempu dalam waktu 3-4  jam. Saat ini akses transportasi sudah membaik sebab Pantai Kolbano berada di lintas strategis poros selatan Kota Kupang menuju Kabupaten Malaka. Di Pantai ini telah berdiri megah Pelabuhan Laut yang besar namun belum beroperasi.

Batu Cantik Berwarna-warni

 Salah satu kekhasan yang hanya dijumpai di Kolbano adalah pantainya bertaburan batu-batu halus, yang merupakan hasil dari pukulan ombak yang mengenai bibir pantai yang landai. Pantai Kolbano tidak cocok untuk berenang sebab ombaknya keras dan pantainya curam. Batu-batu yang dihasilkan dari Pantai Kolbano telah menjadi sumber ekonomi orang-orang Kolbano. Batu-batu yang dipilah kemudian diisi dalam karung dan dijual dengan harga Rp. 25.000 per karung.

Batu-batu kolbano sudah diminati sampai Pulau Jawa bahkan sudah diekspor ke luar Negeri.  Mengingat banyak yang meminati batu-batu dari Pantai Kolbano, maka sejak tahun 2017 Pemerintah Daerah Timor Tengah Selatan telah  menutup akses untuk mengambil batu Kolbano secara bebas bagi orang luar Kolbano dan  hanya mengizinkan masyarakat lokal Kolbano yang mengambil batu dan dijual kepada para pelanggan. Sebelum diterapkan aturan ini, semua orang bebas mengambil batu di Pantai yang sungguh Eksotis ini.

Pemandangan Air Laut Kolbano

Keindahan Tiada Duanya di Muka Bumi

Akses jalan menuju Pantai Kolbano sudah sangat bagus. Waktu yang ditempuh relatif singkat. Keindahan Pantai Kolbano dengan batu alam berwarna-warninya dan air lautnya yang bersih dengan dua warna; biru muda  biru tua menambah kemolekan pantai ini. Keindahan pantai ini tiada duanya di  muka bumi. “Keindahan Pantai Kolbano dari puncak tiada duanya di muka bumi” ucap seorang Pastor Claretian  asal Spanyol, P. Juan Angel, CMF yang sedang bermisi di Salele, Timor Leste.

Para Frater Claretian menyempatkan diri untuk menikmati pemandangan alam Pantai Kolbano dari bukit yang indahnya tiada tara di muka bumi. Semua orang yang pernah mengginjakkan kaki di Kolbano akan memunculkan decak kagum yang tak terperikan. Kolbano keindahan alam yang menakjubkan dan menjadi warisan bersama masyarakat Indonesia.  Pantai kolbano adalah pantai selatan yang sangat ganas ombaknya. Tidak semua orang berani untuk berenang di tempat ini.

  Pantai Kolbano merupakan pantai tanpa pasir di mana pesisir pantainya ditaburi oleh bebatuan yang indah dan halus. Air laut di pantai Kolbano sangat bersih sehingga layak untuk dikunjungi. Di tampat ini kita akan menjumpai keindahan yang tidak dapat dibahasakan dengan kata-kata. Pantai Kolbano milik TTS, NTT dan Indonesia. Jangan lupa singgah untuk meneguk panorama pantai, air lautnya yang bersih dan batu-batu kerikil yang indah. Kalau bukan sekarang kapan lagi ke Kolbano. Pantai selatan yang indah.

Benlutu, TTS 17 Oktober 2020

Jondry Siki, CMF

(Menjalankan TOP di Novisiat Claretian dan Paroki St. Vinsentius A Paulo, Benlutu, TTS)

 

 

 

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More