Pengakuan Roh Jahat

0 5

Renungan Hari Senin 01 Februari 2021, Hari Biasa Pekan VI
Bacaan Bacaan I Ibrani 11:32-40
Bacaan Injil Mark 5:1-20

Setiap orang tentu tidak ingin dirasuki oleh roh jahat. Dalam kehiudupan harian, ada beragam jenis roh jahat yang sering dijumpai dalam kehidupan bersama. Ada yang berwujud kuntil anak, gendruwo, suanggi atau tungkang santet dan juga praktek magis lainnya. Situasi ini yang sering mewarnai kehidupan umat beriman sehingga guna mengatasi hal ini, mereka harus melarikan diri ke dukun atau para pendoa agar mendoakan mereka sehingga terbebas dari belenggu tersebut. Situasi ini sungguh tidak diharapkan.

Penginjil Markus hari ini menampilkan percakapan roh jahat dengan Yesus di mana roh jahat tersebut telah merasuki seorang pemuda selama bertahun-tahun dan ia hanya tinggal di kuburan serta siang malam melukai dirinya dengan batu dan api. Ketika ia menjumpai Yesus, ia memohon agar tidak membinasakan mereka sebab mereka banyak. Yesus kemudian menghardik mereka dan meminta mereka keluar namun mereka meminta agar boleh dizinkan hidup di dalam babi-babi. Dan sesaat kemudian, babi-babi jatuh ke dalam jurang dan mati.

Tuhan tidak berkompromi dengan roh jahat. Dengan cara-Nya roh-roh jahat tersebut dilenyapkan. Perjumpaan dan pergaulan dengan Allah membuat kita hidup dalam satu keadaan yang bebas dari segala jenis gangguan roh jahat. Kita semua diundang untuk tetap menjaga relasi dengan Allah. Dengan demikian kita akan selalu terlindungi sebab Allah senantiasa menjaga dan melindungi setiap orang yang berseru kepada-Nya. Roh-roh jahatpun akan tahkluk di hadapan Allah.

Jondry Siki, CMF
(Menjalankan TOP di Novisiat Claret dan Paroki St. Vinsensius A Paulo Benlutu)
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More