Rekoleksi Adven, OMK St. Vinsensius A Paulo Benlutu (Adven: Menanti Tuhan Untuk Menjadi Teman Seperjalanan)

137

Adven adalah masa penantian umat Kristiani dalam menyongsong kelahiran Raja Damai. Orang Muda Katolik Benlutu di bawah moderasi Dkn. Gusti, CMF, pada Sabtu (12/12/20) mengisi masa adven dengan mengadakan rekoleksi bersama. Rekoleksi dibawakan oleh P. Valens Ola, CMF di bawah tema ‘Adven: Menanti Tuhan Untuk Menjadi Teman Seperjalanan’. Ditemani desiran ombak pantai Oetune dan semilir bayu senja yang tersisa, Orang Muda Katolik Benlutu dengan khusuk mendengarkan sajian materi di bawah ‘Lopo’ Oetune. Dalam sajian materi, Pater Valens mengatakan bahwa dalam berteman adalah saling mengenal. Dengan mengenal diri dan sesama setiap OMK akan mampu saling memahami.

Malam semakin larut, penyampaian materi tiba pada pertanyaan-pertanyaan mengenai pengenalan diri. Hal pertama yang ditanyakan adalah mengenai hal-hal positif dalam diri dengan minimal menyembut tiga hal. Hal kedua yang ditanyakan adalah mengenai hal-hal negatif, minimal lima hal negatif. Hal ketiga adalah tentang orang yang paling tidak disukai dalam keluarga, hal keempat adalah orang yang paling dicintai dalam keluarga dan yang terakhir adalah menyembutkan salah satu objek yang mewakili diri.

Beberapa OMK diminta untuk tampil ke depan dan menyampaikan pengalaman mereka selama di dalam keluarga. ‘Hal-hal positif yang ada dalam diri saya adalah suka membantu dan suka berteman dengan siapa saja, hal-hal negatif yang saya miliki adalah ingin menang sendiri, keluarkan kata-kata kotor, orang yang saya sukai dalam keluarga adalah mama sebab ia mengerti saya, sabar dan sayang pada saya. Mama juga tidak pakai kekerasaan dan dia ingin kami menjadi baik ke depan. Lalu orang yang saya tidak sukai dalam keluarga adalah Rado sebab, dia selalu dimanja oleh mama’. Demikian ungkapan hati Stevi salah satu OMK yang membuka sharing dalam rekoleksi bersama ini.

Keluarga adalah kekayaan yang tidak akan rusak dan orang tua adalah mahkota yang sangat mahal. Melalui pertanyaan penuntun dari Pater Valens, para OMK diminta untuk merenungkan kasih dan kebaikan ibu dan ayah mereka. Isak tangis menemani rekoleksi tatkala mereka diminta untuk mengingat kebaikan orang tua. Hari telah malam, desiran ombak menggemuruh dan cahaya lampu remang-remang di keliling tempat wisata Pantai Oetune. Semilir bayu malam terasa sejuk setelah hujan sore.

Orang Muda Katolik Benlutu, pada perayaan Minggu Adven III ‘ Minggu Laetare’ (13/12/2020 menanggung koor di Gereja Stasi Oebelo, Paroki Panite. Perayaan Ekaristi dibawakan oleh P. Valens, CMF. Dalam homili, pater mengundang umat beriman untuk senantiasa bersyukur dan bergembira serta meneladani St. Yohanes Pembaptis yang jujur dan terbuka serta mampu mengenal diri bahwa dia bukan mesias yang dinantikan. Perayaan Ekaristi hari Minggu Adven III mendapat tempik sorak dari umat Oebelo sebab OMK Benlutu menyanyi dengan semangat dan memukau hati umat.

‘Saya mewakili OMK/AMC Benlutu mengucap syukur dan terima kasih kepada Komunitas Claretian Panite yang telah mengizinkan kami OMK menggunakan Kapela Oebelo untuk merayakan Ekaristi bersama’ pungkas Marlin Fallo selaku Ketua OMK Paroki St. Vinsensius A Paulo Benlutu. Orang Muda juga bersyukur kepada P. Valens yang telah meneguhkan mereka dengan sajian materi yang mengharukan mereka. Pater meminta OMK untuk membangun resolusi dalam keluarga setelah kembali ke rumah.

Fr. Jondri, CMF

GALLERY

 

 

 

 

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More