Roh Kudus Allah Menyertai

0 5

Minggu, 22 Mei 2022

HM Paskah VI

Kis 15:1-2,22-29; Why 21:10-14.22-23; Yoh 14:23-29

“[…] tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu” (Yoh 14:26).

Injil hari ini berkisah tentang janji Yesus untuk mengutus Roh Kudus kepada para murid. Keberadaan Roh Kudus ini sangat penting bagi para murid. Roh Kudus akan senantiasa menyertai para murid kapanpun dan di manapun para murid mewartakan Injil Kerajaan Allah.

Roh Kudus adalah Pribadi Ilahi. Namun, hal itu tidak dimengerti bahwa Roh Kudus memiliki unsur-unsur kedagingan, seperti manusia. Roh Kudus adalah Roh, suatu daya kekuatan dari Yang Ilahi, dan tidak bisa dilihat secara kasat mata. Roh Kudus hanya bisa dirasakan, seperti halnya angin.

Roh Kudus adalah Pribadi Penolong bagi para murid. Roh Kudus menolong para murid untuk mengingat kembali berbagai hal tentang Yesus, yakni Pribadi dan ajaran-ajaran-Nya yang menyelamatkan. Dalam Kisah Para Rasul, keberadaan Roh Kudus sangat penting dalam sejarah perziarahan para murid. Roh Kudus itulah yang mengilhami para murid untuk berani mewartakan Injil kemana saja.

Roh Kudus inilah yang senantiasa menemani perziarahan Gereja di dunia. Keberadaan Gereja yang awet hingga kini merupakan buah karya Roh Kudus. Lika-liku kehidupan Gereja dapat dilewati karena keberadaan Roh Kudus dalam diri Gereja. Terang dan suramnya perjalanan Gereja dapat dilewati karena Roh Kudus senantiasa menemani Gereja.

Marilah kita membuka diri terhadap Allah Roh Kudus. Kelemahan kita hanya bisa ditopang oleh keberadaan Roh Kudus. Ketika kita mau membuka diri terhadap Roh Kudus, kita akan dengan mudah melewati kesulitan dan kebimbangan dalam hidup. Roh Kudus memberi kita kehidupan baru. Kita menjadi berkat dan buah manis bagi orang lain, itu karena karya Roh Kudus. (mario f. cole putra, cmf)

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More