Semangat Pertobatan

2

Penginjil Markus membuka sajian pewartaannya hari ini dengan pertama-tama menyebut Kristus sebagai Anak Allah. Markus mengatakan bahwa Dia yang akan datang adalah Mesias, Anak Allah. Melalui figur Yohanes Pembabtis, Markus menyerukan agar mempersiapkan jalan bagi kedatangan Mesias, luruskanlah jalan bagi-Nya. Jika Dia yang datang dan yang kita nantikan adalah Mesias, maka sudah sepantasnya kita mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan-Nya sesuai dengan protokol Ilahi sebagaimana yang telah diumumkan oleh Yohanes Pembabtis yaitu bertobat. Pertobatan menjadi inti sari/kriteria utama dalam penantian akan sang Mesias ini. penginjil Markus menggambarkan pertobatan dalam kerangka pelurusan jalan (Ay.3), dan pemberian diri untuk dibabtis (Ay.4).

Markus berasumsi bahwa manusia senantiasa berada dalam keterbatasan dan kelemahannya yang selalu diandaikan sebagai jalan yang lekak-lekuk, sehingga perlu ada semangat pertobatan sebagai usaha untuk meluruskan jalan kehidupan yang telah dilalui selama ini. Karena itu, hari ini, penginjil Markus mengundang kita semua untuk bertobat dari kelemahan dan keterbatasan kita, sehingga ketika tiba hari kedatangan sang Mesias, kita didapati sedang dalam keadaan siap dan terbuka hati untuk menerima-Nya. Kita diundang untuk meluruskan kembali jalan hidup kita jika selama ini menyimpang dari jalan Tuhan agar kita dipantaskan untuk menerima kedatangan-Nya.

Masa adven menjadi kesempatan bagi kita untuk kembali sejenak menolah sekaligus menyadari sejauh mana kita bangkit dari kelemahan dan kerapuhan manusiawi, sejauh mana kita mengalami kasih Allah yang nyata dalam semangat pertobatan, dan sejauh mana persiapan kita dalam masa penantian akan sang Mesias ini??? mari, kita membiarkan jalan kita yang lekak-lekuk atau bengkok dilalui Tuhan sendiri agar dengan kaki kudus-Nya jalan itu diratakan, dan dengan mata suci-Nya jalan itu diluruskan. Membiarkan Tuhan berkarya dalam diri dan menjadi nahkoda biduk hidup kita. Amin.

Fr. Gaby Klau, CMF
(Misionaris Amerika Latin)
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More