Siap Sedia Selalu Dalam Tuhan

0 2

Renungan Hari Minggu 11 Oktober 2020, Pekan Biasa XXVIII,

Bacaan I: Yes.25:6-10a

Bacaan II: 4:12-14.19-20

Bacaan Injil: Mat 22:1-14

Yesus dalam pengajaran-Nya selalu menggunakan perumpamaan untuk menggambarkan situasi Kerajaan Allah. Dalam Injil hari ini, Penginjil Matius menggambarkan situasi kerajaan Allah yang diwartakan Yesus dengan perumpamaan berupa pesta perjamuan. Perjamuan makan bersama dalam budaya Yahudi adalah satu ungkapan sukacita yang besar. Oleh sebab itu, untuk memperkenalkan Kerajaan Allah Yesus mengumpamakannya dengan perjamuan makan sebagai simbol sukacita.

Tentang Kerajaan Allah, banyak orang tidak merasa tertarik sebab mereka sibuk dengan urusan mereka dan mengabaikan undangan raja melalui hamba-hambanya. Kisa Injil hari ini mau mengajarkan kita bahwa tidak semua orang merasa tertarik dengan kerajaan Allah sehingga untuk menarik minat pendengar, Yesus mengumpamakannya dengan pesta perjamuan bersama.

Semua orang mendapat kesempatan untuk memasuki pesta perjamuan Tuhan. Ia selalu mengutus hamba-hamba-Nya untuk mengundang dan memanggil kita ke pesta-Nya. Namun karena manusia mempunyai kesibukan duniawi yang berlebihan, undangan itu kemudian diberikan kepada orang lain yang tidak terpandang dalam budaya dan hidup mereka. Dalam Tuhan kita harus selalu siap sedia sebab Ia selalu membuka pintu hati-Nya untuk mengundang kita masuk dalam perjamuan-Nya.

Fr. Jondri, CMF
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More