Yerusalem Kota Berkat Dan Kutuk

0 2

Renungan Hari Kamis, 29 Oktober 2020, Pekan Biasa XXX
Bacaan I  Ef 6:10-20

Bacaan Injil  Luk 13:31-35

 

Kota Yerusalem mengalami peralihan kepemimpinan dari tangan ke tangan selama berabad-abad. tiga agama besar berjuang untuk menjadikan Kota Yerusalem sebagai situs suci mereka. Situasi ini diperparah lagi dengan pemindahan Kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat oleh Donald Trump pada 2019 lalu. Yerusalem menjadi lahan perebutan selama berabad-abad.

Hari ini kita mendengar dalam bacaan Injil, Yesus mengeluh atas Kota Yerusalem yang menjadi tempat pembunuhan para nabi Allah. Yesus merasa iba dengan Yerusalem sebab kota ini akan ditinggalkan orang. Pandemi COVID 19, membuat banyak peziarah meninggalkan tempat suci ini. Yesus dalam bacaan Injil hari ini menjelaskan bahwa di kota inilah banyak nabi telah dibunuh.

Kota Yerusalem adalah bagian dari diri kita yang fana. kita berjuang untuk membunuh kebenaran demi ego kita. Kita tidak ingin terang menguasai kita. Semoga kita menjadi Bait Allah yang hidup dan senantiasa hidup dalam harmoni sebagaimana anak-anak ayam berlindung pada induknya.

Maulafa, 29 Oktober 2020

Jondry Siki, CMF
(TOPER Novisiat Claret Benlutu dan Paroki St. Vinsensius A Paulo Benlutu, TTS)
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More