Yesus Kristus Adalah Raja Kita

25

Renungan Hari Minggu 22 November 2020, Hari Raya Tuhan Kita Yesus Kristus, Raja Semesta Alam.
Bacaan I:Yeh 34:11-12,15-17
Bacaan II: 1Kor 15: 20-26,28
Bacaan Injil: Mat 25: 31-46

Hari Gereja sejagat, merayakan Hari Raya Tuhan kita Yesus Kristus Raja Semesta Alam. Perayaan ini mau mengingatkan semua orang akan kemahakuasaan Kristus yang melampaui segala sesuatu. Banyak orang Yahudi mengharapkan agar Ia menjadi raja duniawi bagi mereka agar boleh membebaskan mereka dari penindasan bangsa-bangsa asing. Namun Yesus tampil sederhana dan bergaul dengan semua orang sederhana. Ia adalah raja yang sungguh dekat dengan rakyat kecil. Tindakan Yesus sungguh berada di luar nalar orang-orang Yahudi.
Hari ini dalam Injil, Yesus mengambarkan diri-Nya dalam rupa anak manusia yang datang dalam kemuliaan yang memerintah semua orang. Kemuliaan Yesus ditampakan dalam relasi dengan orang-orang sederhana dan kecil yang tidak terpandang di tengah masyarakat. Yesus hadir dalam diri orang-orang yang dihina, diejek dan dikucilkan dari banyak orang. Kerajaan Yesus adalah kerajaan abadi. Dan semua orang yang telah berbuat bakti akan mendapat tempat terhormat di dalam Kerajaan Allah.
Yesus meraja di hati setiap orang yang berbuat baik bagi sesama. Yesus meraja di hati orang-orang yang tahu bersyukur, Yesus meraja di hati orang yang suka menolong, Yesus meraja di hati orang yang merendah dan Yesus meraja di hati orang yang berbelaskasihan. Yesus adalah raja kita yang dipuja dan dimuliakan oleh segenap ciptaan. Ia berasal dari kerajaan yang tak kelihatan. Kerajaan Yesus tidak berasal dari dunia ini. Sebagai orang beriman, mari kita bersama mencari kerajaan Yesus yang telah Ia janjikan kepada orang-orang yang berkenan kepada-Nya.

(Jondry Siki, CMF: Menjalankan Tahun Orientasi Di Novisiat Claretian Benlutu dan Paroki St. Vinsensius A Paulo, Benlutu)
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More