Yesus Kristus Berkuasa Mengampuni Dosa

0 13

Renungan Hari Senin 07 Desember 2020, Pekan Biasa Adven II
Bacaan I: Yes 35:1-10
Bacaan Injil: Luk 5: 17-26
Peringatan Wajib St. Ambrosius

Perdebatan panjang sepanjang sejarah tentang Yesus Kristus Orang Nazareth apakah Dia adalah Nabi atau Tuhan. Bila ditilik dari sifat-sifat Allah, maka kita akan menjumpai semua sifat Allah dalam diri Yesus Kristus. Sepanas apapun orang mempertentangkan apakah Yesus adalah Nabi atau Tuhan, sejauh itu kemahakuasaan Yesus tidak akan berkurang sedikitpun. Jika Allah dipercayai sebagai Terang, maka Yesus adalah Terang dunia. Jika Allah membangkitan orang mati, makan Yesus membangkitkan orang mati. Jika Allah mengampuni dosa, maka Yesus juga mengampuni dosa.

Penginjil Lukas hari ini, menampilkan suatu konflik antara Yesus dan para Ahli Taurat. Para Ahli Taurat merasa keberatan dengan ungkpan Yesus mengampuni dosa. Sebab bagi mereka, yang punya kuasa untuk mengampuni dosa hanyalah Allah. Mari kita tinjau, jika Yesus bisa mengampuni dosa, maka secara logis, Yesus adalah Tuhan, sebab hanya Tuhan yang mampu mengampuni dosa. Sekiranya sifat-sifat Allah dalam diri Yesus dapat membuat semakin banyak orang percaya bahwa Yesus adalah Tuhan yang senantiasa mengampuni dosa.

Mari membangun iman kita kepada Yesus bukan atas dasar apa yang dapat dilihat, namun berdasarkan kebaikan Allah kepada manusia. setiap orang yang percaya kepada Yesus akan senantiasa mendapat pengampunan dosa. Orang-orang yang selalu dan senantiasa mendapat pengampunan dosa adalah mereka yang selalu mencari kehendak Allah. Menjadi Kristen tidaklah mudah. Setiap kita dipanggil untuk mewartakan Yesus yang maha pengampun kepada mereka yang belum mengenal-Nya. ‘’ Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa” (Luk 5:24).

Jondry Siki, CMF
(Menjalankan TOP di Novisiat Claretian dan Paroki St. Vinsensius A Paulo Benlutu)
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More